4 Tipe Kepribadian Manusia



Personality, Karir
                                                              Credit Foto : hipwee.com

4 Tipe Kepribadian Manusia - Sebagai tulisan awal saya mengajak untuk kenal lebih dekat dulu dengan diri anda sendiri. Karena ketika anda sudah memahami karakter dan kepribadian diri sendiri, akan lebih gampang untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup yg tentunya akan mempengaruhi bagaimana hidup akan anda jalani. Salah satunya memilih pekerjaan yg cocok dengan kepribadian anda misalnya.

Selama ini anda pasti sering mendengar istilah kepribadian introvert atau extrovert. Bahkan orang-orang disekitar mungkin pernah melabeli anda dengan salah satu istilah karakter tersebut. Ternyata kalau kita kaji lebih dalam dalam ternyata introvert maupun extrovert hanya sebagian kecil istilah umum yg digunakan untuk membedakan karakter manusia A dengan manusia B.

Hipocrates, seorang filsafat Yunani mengembangkan teori kepribadian yang kemudian disempurnakan oleh Galenus pada masa 400 sebelum masehi dikenal dengan nama Teori Hipocrates - Galenus menyebutkan ada 4 tipe karakter manusia yaitu Koleris, Sanguin, Flegmatis dan Melankolis.                                                                             
  • Koleris ( Kuat ) : koleris adalah orang yang terlahir sebagai seorang pemimpin karena memiliki karakter yg kuat. Jadi, softskill yang berkaitan dengan kepemimpinan seperti kepercayaan diri yg tinggi, mengatur team dengan baik dan tegas sepertinya sudah di bawa dari lahir oleh mereka. Kepribadian koleris biasanya bermasalah dengan flexibility karena mereka cenderung kaku, tidak sabar dan kadang - kadang otoriter. Pekerjaan yang cocok : General Manager, Direktur, Manager, Pengacara.
  • Sanguin ( Populer ) : Florence Littauer & Rose Sweet dalam bukunya yang berjudul Personality Plus at Work menjelaskan karakter sanguinis sangat ahli dalam berkenalan dengan orang lain, menciptakan antusiasme dan kegembiraan dan lincah. Sehingga dalam organisasi, tipe sanguin akan ditugaskan di divisi Sales & Marketing atau pekerjaan yang berhubungan dengan pihak luar karena bakat mereka yang pintar approach seseorang. Tapi kelemahan dari karakter sanguin adalah tidak fokus, kurang details, suka mencari perhatian dan suka lebay.
  • Melankolis ( Perfeksionis ) : Sering merasa tidak puas dengan pencapaian anda? atau sering memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi dalam hidup anda? Berarti kemungkinan anda si melankolis. Yes, tipe ini biasanya bermasalah dengan ketidakpuasan akan suatu hal karena dia cenderung perfeksionis, selalu menaruh standar tinggi, lebih sering berpikir negatif,skeptis, terlalu introspektif. Melankolis adalah tipe yang jago untuk hal-hal yang memerlukan analisa dan hitung-hitungan. Mereka punya tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Teroganisir, rapi dan teratur. Dalam dunia kerja, bisa di cek di divisi accounting anda. Apakah mereka sebagian besar mendekati dengan ciri-ciri kepribadian di atas ?
  • Flegmatis ( Cinta Damai ) : Coba anda ingat-ingat dari sekarang, siapa teman atau rekan kerja anda yang sering anda datangi untuk curhat ketika lagi ada masalah? Bagaimana perasaan anda setelah curhat dengannya? Apakah jauh lebih tenang karena mendapat saran-saran yang menyejukan hati dan menenangkan ? Kalau iya, berarti rekan anda tersebut kemungkinan si flegmatis. Salah satu kelebihan dari karakter ini adalah mampu menjadi pendengar yang baik dan melihat masalah dari berbagai sudut. Walaupun aslinya flegmatis ini adalah tipe pendiam dan mudah setuju. Tidak suka keributan, sabar, konsisten serta selalu menjadi penengah ketika terjadi konflik. Kelemahannya, mereka cenderung penakut, terlalu pemalu, kurang aktif dan kurang bersemangat. Karakter flegmatis biasanya cocok bekerja sebagai costumer service, guru.
Ketika anda sudah memahami diri sendiri, selanjutnya kita pahami karakter orang-orang disekitar kita. Bagaimana melunakkan hati si koleris yg kaku, mengendalikan cerewetnya si sanguin, memberikan aura positif ke melankolis dan bagaimana memotivasi si flegmatis. Karena pada dasarnya semua manusia punya keempat unsur kepribadian tersebut cuma kadar dominannya saja yang berbeda. Last but not least, saat bisa mengambil hati orang-orang di sekitar anda bukankah segala sesuatu akan jadi lebih gampang?