Hard skill dan Soft skill? Apa itu?

Hard skill dan Soft skill adalah
Credit foto : fastwork.id

pejuangkarir.com - Apa itu hard skill dan soft skill? Tentu kita pernah mendengar istilah kedua kata ini disekolah, mulai dari sejak dari bangku Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Akhir (SMA),serta berlanjut ke perkuliahan tentunya. Untuk mencapai puncak karir 2 hal ini anda perlu latih secara berkesinambungan pastinya.


Hard skill adalah kemampuan pengetahuan yang didapat dari pelajaran sekolah yang melalui buku atau pelatihan,serta pengalaman. Hard skill adalah kemampuan yang tergolong dapat di ukur dengan secara penilaian. Sedangakan soft skill adalah kemampuan interpersonal pada sifat karakteristik seseorang dengan cara berinteraksi dan dan berkomunikasi pada orang lain, soft skill kemampuan yang tergolong sulit untuk di ukur secara penilaian, karena sifatnya yang subjektif, Meskipun demikian soft skill bukan berarti tidak bisa dilatih.


Didalam dunia bidang pekerjaan tentu kedua istilah kata ini sangat diperlukan, contoh seperti hard skill yang berperan seperti tolak ukur untuk menyeleksi kandidat yang potensial untuk mengisi posisi bidang pekerjaan tertentu, dan soft skill dapat diperlukan dalam bidang pekerjaan contoh seperti berkomunikasi yang baik pada seseorang. Saya kasi gambaran beberapa hard dan soft skill untuk di ketahui dan dari sini anda bisa tahu skill apa aja yang sudah anda miliki sampai saat ini untuk di kembangkan.


Baca juga : Kerja Sampingan Online Gaji Dollar



Credit foto : student-activity.binus.ac.id

Contoh hard skill yang diperlukan dalam dunia kerja saat ini : 


1 . Basic Computer

Berkat perkembangan zaman yang semakin hari semakin modern tentu perusahaan-perusahaan sudah menggunakan yang namanya komputer,laptop atau notebook  karena dapat mempermudah pekerjaan. Dalam hal ini pasti kemampuan untuk mengoperasikan komputer/laptop sangat diperlukan, mengetik dengan cepat dan menguasai Microsoft Office adalah salah satu contoh yang sering digunakan di sebuah perusahaan. 


2. Bahasa Inggris

Nah skill yang satu ini juga penting banget anda kuasai saat ini. Kenapa? Karena sebagian besar perangkat-perangkat komputer dan juga sistem kantor  menggunakan bahasa inggris untuk pengoperasiannya. Jadi ga lucu kan kalau misalnya nanti anda salah klik tombol sistem hanya karena anda nggak ngerti perintah dengan bahasa inggris? Selain itu rata-rata perusahaan besar ataupun menengah sekarang, bisa bahasa inggris adalah syarat pertama yang mereka cari untuk kandidat yang qualified terlepas dari akan ditugaskan di divisi apa. Jadi silahkan asah dari sekarang bahasa inggris anda, agar nanti ketika interview tidak hanya bisa jawab yes or no.


3. Data Management 

Jika kita bekerja disebuah perusahaan atau dikantor tentu data adalah aset yang terpenting di era tecnology ini. Hampir setiap harinya segala aktivitas operasional perusahaan pasti berhubungan dengan data sehingga banyak data yang harus di urus, tentu saja perusahaan akan membutuhkan pegawai yang memiliki keterampilan manajemen data dengan baik untuk mengelolahnya.


3 . Market Research Knowledge


Ini perlu anda kuasai jika nanti misalnya anda punya resolusi untuk menjadi seorang Marketing. Dalam sebuah perusahaan, posisi marketing merupakan salah satu posisi vital dan potensi gaji yang diterima perbulan bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Jadi, Jika anda memiliki keterampilan dalam bidang penelitian atau biasa disebut riset tentu akan menjadi nilai tambah bagi anda  seperti mengumpulkan informasi, menciptakan serta mengembangkan sebuah produk inovasi baru.


4 . Accounting & Financial Mangement


Nah untuk anda yang punya passion dalam soal ngitung-ngitung duit ilmu accounting dan juga financial perlu anda asah lagi. Keterampilan dalam pengelolahan keuangan sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan,misal perencanaan keuangan atau anggaran, dan membuat laporan kas setiap bulannya. Tentunya ketika perencanaan keuangan anda berhasil di implementasikan, otomatis profit yang diterima perusahaan juga akan maksimal.

Nah itulah kemampuan hard skill yang harus anda kuasai dalam dunia kerja. Cukup mudah kalau anda tekun dan konsisten mengasahnya.



soft skill yg harus dikuasai
Credit foto : learnersconclave.in 


Contoh soft skill yang diperlukan dalam dunia kerja saat ini : 


1. Leadership Skill

Tentu saja hal paling pertama adalah skill yang berhubungan dengan kepemimpinan yang di dalamnya harus ada skill problem solving, team management, planning, controling. Sebenarnya skill ini penting anda miliki ketika suatu saat anda akan memimpin sebuah organisasi atau perusahaan. Karena segala keputusan yang anda ambil nantinya akan berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan.


2. Communication Skill

Berkomunikasi adalah sesuatu hal yang harus dilakukan dalam sebuah pekerjaan.
kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan saat ingin membuat presentasi atau sebuah laporan dihadapan atasan atau klien. Disamping komunikasi, anda juga harus menguasai pendengar yang baik agar disaat lawan bicara anda menyampaikan sesuatu tentu anda dapat memahaminya dan memberikan respon yang tepat.


3.
 Analytical Thinking

Dalam kemampuan berpikir kritis tentu sangat diperlukan bagi perusahaan, karena banyak perekrut mencari karyaman yang mampu membuat laporan dalam cara menganalisa, serta dapat mengelola berbagai macam data sehingga memberikan informasi yang bermanfaat untuk kemajuan sebuah perusahaan.


4. Kerja Tim ( Team Work )

Tidak semua orang bisa bekerja dengan orang lain. Apalagi dalam sebuah team itu terdiri dari banyak kepala yang harus di satukan. Jadi team work skill sangat diperlukan untuk tetap menjaga team anda tetap solid sehingga  bisa satu visi misi untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tempat anda bekerja.


5. Cepat Beradaptasi

Kemapuan anda untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru sangat diperlukan apalagi anda baru saja masuk di sebuah perusahaan. Semakin cepat beradaptasi, semakin cepat anda bisa menunjukan performa dan kualitas anda di tempat yang baru serta mengambil hati atasan pastinya. 


Gimana? Anda sudah ada bayangan kan tentang apa sebenarnya hard skill dan soft skill itu ? Antara hard skill dan soft skill harus seimbang agar lebih menggampangkan anda melaju ke posisi puncak karir impian anda. Jadi, udah siap menjadi orang penting di perusahaan anda?