Audio, Visual atau Kinestetik? Anda yang Mana?

Audio, Visual ,Kinestetik
Credit foto : Profpros.com

Gaya Belajar Manusia - Apa yang akan Anda rasakan ketika musim ujian tiba? Apakah Anda panik tentang kedatangan beberapa bahan tebal atau slide yang harus Anda pahami hanya dalam beberapa jam? Menggunakan gaya belajar yang tepat, dapat membantu menyelesaikan masalah Anda. Mengetahui gaya belajar apa yang tepat untuk Anda tidak berarti membatasi kemampuan Anda, tetapi cenderung membantu Anda belajar lebih efektif dan efisien.

Banyak ahli menggunakan istilah berbeda dalam memahami gaya belajar ini. Namun secara umum, menurut Bobby DePotter ada dua benang merah yang disepakati tentang gaya belajar ini. Pertama adalah cara seseorang menyerap informasi dengan mudah, yang disebut modalitas, dan kedua adalah cara orang memproses dan mengatur informasi itu.

Modalitas belajar adalah cara kita menyerap informasi melalui indera kita. Setiap orang memiliki kecenderungan berbeda dalam menyerap informasi. Ada tiga modalitas pembelajaran, yaitu apa yang sering disingkat VAK: Visual, Auditory, Kinestethic. Sekarang Anda dapat menggunakan gaya berikut:

1. Gaya Belajar Visual 


Visual
Credit foto : idntimes.com


Seorang pelajar dengan pendekatan visual, akan mempelajari suatu materi dengan mengandalkan indera penglihatan dan imajinasi mereka. Jika Anda adalah pengguna pendekatan ini, Anda mungkin cenderung menulis ulang materi yang Anda dapatkan dalam bahasa Anda sendiri atau mungkin menggunakan grafik, diagram, atau gambar sesekali. Biasanya Anda juga akan mudah mengingat jalan baru Anda dan mengenali wajah-wajah baru. Pelajar dengan pendekatan visual juga cenderung memilih untuk membuat catatan kecil dalam membantunya belajar. Beberapa karakteristik pembelajar visual meliputi:

  • Mengingat apa yang dilihat, bukan apa yang didengar.
  • Suka mencoret-coret sesuatu, yang terkadang tidak ada artinya ketika di kelas
  • Pembaca yang cepat dan tekun

2. Gaya Belajar Audio

Audiotori
Credit foto : idntimes.com

Seorang pelajar yang menggunakan pendekatan pendengaran, akan cenderung lebih mudah memahami bantuan untuk indera pendengaran. Jika Anda adalah pengguna dari pendekatan ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sering menghafal suatu materi dengan membuat suara, atau bahkan Anda mempelajari suatu materi dengan mendengarkan suara guru ketika memberikan materi, yang telah Anda rekam sebelumnya. Biasanya Anda juga akan senang berdiskusi dengan orang lain. Karakteristik orang pendengaran, termasuk:

  • Ini menyerap lebih cepat dengan mendengarkan
  • Gerakkan bibir mereka dan ucapkan kata-kata dalam buku saat membaca
  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan 

3. Gaya Belajar Kinestetik

Credit foto: idntimes.com

Jika Anda adalah orang dengan pendekatan pembelajaran ini, Anda bisa bertanya kepada teman, apakah Anda sering berbicara dengannya disertai dengan penampilan gerakan tubuh. Situasi ini memang sering terjadi pada seseorang dengan tipe pembelajaran kinestetik. Karakteristik peserta didik kinestetik, termasuk:

  • Selalu berorientasi fisik dan banyak gerakan
  • Bicara pelan-pelan
  • Tanggapi perhatian fisik

Sekarang, Anda sudah tau anda termasuk yang mana ? Dalam membantu Anda menemukan pendekatan untuk mempelajari diri Anda, ada sejumlah pertanyaan yang mungkin dapat Anda tanyakan pada diri sendiri seperti:

Jika suatu malam Anda tersesat di kota, bagaimana Anda akan menemukan jalan pulang? Apakah Anda akan menggunakan peta (visual), bertanya pada seseorang (pendengaran), atau terus berjalan sampai Anda menemukan seseorang atau sesuatu yang dapat membantu Anda (kinestetik)?

Apa gaya presentasi Anda? Apakah Anda cenderung menggunakan grafik dan grafik (visual)? Apakah Anda lebih menekankan kata-kata yang Anda gunakan (pendengaran)? Atau Anda akan cenderung termasuk peserta (kinestetik)? Demikian artikel tentang Gaya Belajar Manusia dalam Visual, Auditori, atau Kinestetik semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Audio, Visual atau Kinestetik? Anda yang Mana?"